Dakwah adalah komunikasi yang didasari oleh keyakinan (belief) dan tujuan untuk mengajak menjalankan ketentuan-ketentuan Allah dan memperoleh ridho-Nya.
Memahami Proses Komunikasi
Bila dicermati, dalam proses komunikasi antar individu melibatkan sejumlah elemen seperti :
Deskripsi :
Komunikasi dan Dakwah
Sumber : Teori Komunikasi dan Stratgi Dakwah (Prof. Dr. Hamidi, M.Si)
Memahami Proses Komunikasi
Bila dicermati, dalam proses komunikasi antar individu melibatkan sejumlah elemen seperti :
|
Komunikator adalah individu atau kelompok yang menyampaikan pesan (message). Inisiator komunikasi yang mengarahkan proses komunikasi.
Komunikan adalah individu atau kelompok yang menerima pesan verbal atau nonverbal dalam bentuk simbol yang kemudian diubah oleh otak (pikiran) menjadi makna simbol.
Pesan berbentuk verbal maupun nonverbal. Ketika komunikasi berlangsung partisipan komunikasi mengirim dan menerima pesan. Dengan kata lain semua yang dilakukan dan dikatakan partisipan komunikasi memiliki arti sebagai pesan. Ex: tersenyum, mengangguk atau memalingkan kepala.
3 elemen pesan :
a) makna, b) simbol yang digunakan untuk menyatakan makna, dan c) organisasi atau susunan pesan
Media adalah alat yang digunakan dalam menyampaikan simbol atau kode. Panca indera manusia dapat digunakan sebagai media komunikasi.
Efek adalah perubahan yang tejadi pada komunikan. Ex : perubahan pengethuan, sikap atau tindakan.
Feedback adalah respon, reaksi atau jawaban komunikan terhadap pesan yang dikirim komunikator.
Noise dalam proses komunikasi adalah gangguan yang bersifat internal (persepsi/pengalaman berbeda) maupun eksternal (suara/bunyi mengganggu), sehingga penyampaian pesan tidak dapat diterima secara jelas.
Encoding, proses mengubah keinginan, ide atau perasaan menjadi simbol (kode) untuk disampaikan kepada komunikan.
Decoding, proses mengubah simbol atau kode yang diterima menjadi makna, melalui penafsiran.
Field of experience yakni seperangkat pengalaman, pengetahuan, ide, perasaan, nilai, norma, agama, ideologi, falsafah hidup, pekerjaan, gerak hati, yang selalu terlibat dan berinteraksi dengan efek komunikasi yang akan ditimbulkan.
Frame of reference adalah kerangka rujukan dalam arti sesuatu atau orang yang dianggap penting.
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan dalam bentuk symbol (kode) dari satu pihak (komunikator) ke pihak lain (komunikan) dengan efek untuk mengubah sikap (tindakan) melalui media tertentu.
Dakwah termasuk dalam tindakan komunikasi, meski tidak setiap aktivitas komunikasi adalah dakwah. Dakwah adalah seruan atau ajakan berbuat kebajikan untuk menaati perintah dan menjauhi larangan Allah SWT dan Muhammad Rasulullah SAW, sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits.
Beberapa sifat (potensi) manusia yang memungkinkan terjadinya komunikasi dan dakwah, yakni :
1. manusia sebagai homo socious, memiliki kecendrungan untuk senantiasa berinteraksi dengan sesamanya, bahkan dengan makhluk yang lain.
2. homo mechanicus, pemikiran dan prilaku manusia dipengaruhi (digerakkan) oleh lingkungan.
3. homo sapiens, manusia memiliki sifat untuk senantiasa mengembangkan pengetahuan, kepercayaan, harapan, sehingga memungkinkan lahirnya rasa ingin tahu dalam diri, untuk lebih taat pada Tuhannya.
4. homo ludens, manusia mempunyai kecenderungan untuk berstrategi dalam berinteraksi.
5. homo volens, manusia senantiasa bergerak atau beraktivitas.
6. manusia dibekali kemampuan berbicara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar